logo blog

Penyebab Alexa Rank Turun Drastis Pada Blog/Website

Penyebab Alexa Rank Turun Drastis Pada Blog/Website

Penyebab Alexa rank terus merosot Turun/ membengkak





Assalamualikum sobat Atjeh17Team, pada hari ini saya akan membahas tentang Apa penyebab Alexa Blog/Website turun, yang bahkan turun secara drastis, saya terinspirasi mengambil topik penyebab alexa rank turun dikarenakan kasus ini terjadi pada blog saya.
Blog saya ketika pembuatan pertama bertahan dengan Alexa globab 4 jt-an,  dengan berjalannya waktu seiring saya menambahkan artikel pada blog dan lain sebagainya sehingga blog saya bertahan dengan Alexa Global  1 jt-an .
Akan tetapi beberapa hari yang lalu alexa blog saya turunnya sangatlah drastis, dari alexa Global 1 jt-an menduduki pada 2 jt-an dan pada hari selanjutnya telah mencapai 3 jt an yang bahkan sekarang hampir mendekati 5 jt, padahal jumlah visitor pada blog saya masih stabil dengan kata lain tidak ada penurunan visitor
Saya sudah membahas kejauhan tapi belum jelaskan apa peringkat  alexa rank :D Peringkat pada alexa rank di mulai dari penilaian yang terkecil sampai yang terbesar, ukuran terbesar peringkat alexa rank hingga jutaan. Tapi peringkat atau penilaian di alexa sangat berbeda pada peringkatan di google rank, kalau di google rank semakin besar nilainya berarti semakin bagus, sedangkan di alexa.. Semakin kecil nilai alexa ranknya maka akan semakin bagus dan populer suatu blog atau situs webnya. Ketika sebuah situs web atau blog pertama kali mendaftar ke alexa dan memasang widget alexa maka nilai yang di dapat masih sangat besar, mencapai 20 jutaantetapi  seiring aktifitas positif di blog /web tersebut maka berangsur-angsur nilai alexa akan menurun. Semakin menurunnya alexa rank menandakan semakin baiknya blog / web dan semakin populer.
Oke sekarang saya akan sedikit membahas apa penyebab alexa rank blog/website turun :

Google Memperbarui Algoritma Pencarian
Pada tahun 2015 ini algoritma google terbaru adalah Google Pigeon dengan pembaharuan algoritma google blog/website kita akan terkena imbasnya, apabila google menyukai blog/website kita maka pada hasil pencarian blog/website kita akan semakin bagus dimata google dan alexa rank akan semakin ramping, akan tetapi apabila algoritma terbaru google tidak menyukainya maka akan berdampak negatif pada blog/website kita dan alexa rank akan menurun, jadi kita harus mengubah kinerja terhadap blog/website supaya algoritma google terbaru kembali memberikan nilai positif terhadap blog/website kita.


Jarang Update Artikel
Blog/website yang jarang update artikel juga sangat berpengaruh terhadap penurunan alexa rank apalagi sudah jarang update artikel, ketika sekali update artikelnya tidak berkualitas, lebih baiknya dalam 1 hari bisa update 1 artikel, dari pada dalam seminggu update 10 artikel sekaligus, yang mesin pencarian menganggap blog/website kita tidak relevan dan tidak aktif sehingga berpengaruh juga terhadap penurunan alexa rank.


Traffic Menurun
Hasil yang disebabkan karena jarangnya update artikel adalah traffic blog /website kita menurun, dengan traffic blog/website menurun maka rank alexa blog/website kita juga akan menurun.
Akan tetapi kalau masalah traffic menurun menurut saya tidak terlalu berdampak pada penurunan Alexa rank dikarenakan seperti pada kasus blog saya di atas tadi yang trafficnya tetap stabil, akan tetapi itu juga tergantung terhadap kinerja Seo blog/website tersebut.


Mengganti Domain TLD
Dengan pergantian domain dari standar/blogspot ke domain TLD atau costum domain juga akan berdampak terhadap penurunan alexa rank, akan tetapi apabila kita bisa menyesuaikan dengan kinerja domain baru pada blog/website kita dalam kurun waktu satu bulan atau bahkan tidak sampai alexa rank blog/website kita akan kembali normal atau bahkan naik, yang terpenting dari semua tindakan yang kita lakukan adalah bagaimana keahlian kita untuk mengatasinya.


Sering Ganti Template
Kasus ini sering terjadi pada blogger pemula yang lebih mementingkan tampilan blog/websitenya agar terlihat lebih menarik yang bahkan dia bisa gontar ganti template 10x atau bahkan lebih dalam 1 hari..
Suatu blog yang terus mengganti templatenya setiap hari atau setiap minggu akan sangat mengganggu terhadap rank alexa, tidak hanya rank alexa saja, pencarian google juga akan itu terganggu, maka tidak sangat dianjurkan untuk selalu menggantikan template blog/website.


Blog Tidak Berkualitas
Blog yang tidak memiliki kualitas salah satunya adalah blog/website yang artikelnya hasil copy paste, walaupun blog/website memiliki ratusan atau bahkan hampir ribuan artikel, tetapi alexa rank tetap membesar itu dikarenakan artikel yang dipublikasikan tidak berkualitas dan Suatu blog memiliki kualitasnya masing-masing, lebih baiknya blog/website membahas satu tema blog yang cocok menurut anda .
Dan ingat artikel hasil copy paste akan sangat berpengaruh dan menghambat rank alexa terus naik.

Jadi supaya blog/website kita alexa rank terus meningkat yang hanya perlu dilakukan adalah update artikel yang berkualitas semaksimal mungkin, jangan sering gontar-ganti template dan sedikit tambahan untuk melakukan blogwalking karena dapat mempererat hubungan silaturahmi sesama blogger indonesia :D dan menurut hasil kasus saya di atas itu dikarenakan sistem pembaruan Algoritma Google pigeon, jadi bagi blog/website yang mendapatkan kasus sama seperti saya agar memperbaiki kinerja blognya agar google kembali memberikan nilai positif terhadap blog/website kita dan rank alexa kembali meningkat.
Baca juga Cara Meningkatkan Alexa Rank

Sekian pembahasan tentang Penyebab Alexa rank turun, semoga bermanfaat dan memberikan dampak positif terhadap blog/website anda, apabila ada yang kurang paham bisa berkomentar atau mengirimkan pertanyaannya melalui Contact Us Atjeh17Team, terima kasih, wassalam

3.4K Dibagikan! Tunggu Apa Lagi? Ayo Bagikan Juga:

Enter your email address to get update from Twemmedia.